Wednesday, June 5, 2013

Achievement Motivation


Motivasi untuk berprestasi adalah kebutuhan psikis yang dimiliki seseorang untuk menjadi orang yang sukses atau berhasil. Definisi “sukses” pada setiap orang itu berbeda dan karena perbedaan itulah motivasi seseorang untuk sukses juga akan berbeda.
Andrew Elliot dan Marcy Church (1997) dari University of Rochester telah melakukan studi penelitian mengenai motivasi untuk berprestasi di kalangan anak kuliahan. Elliot dan Church mengenal tiga elemen penting untuk bermotivasi dalam hal belajar, yaitu :
1. -     MasteryGoals
Orang yang mastery goals yang tinggi akan sangat termotivasi secara intrinsik dalam mempelajari hal-hal yang baru dan menarik. Mereka menyukai hal-hal yang menantang apabila hal terebut dapat menambah pengetahuan mereka dan mereka tidak menyukai hal-hal yang gampang atau tidak menantang.
2.  -    Performance-Approach Goals
Orang yang performance – approach goals nya tinggi akan ternotivasi untuk belajar lebih giat untuk mendapatkan nilai yang bagus demi mendapatkan respek dari orang lain.
3.  -    Performance-avoidance Goals
Orang yang performace-avoidance goals yang tinggi akan termotivasi untuk belajar demi menghindari nilai yang jelek dan terlihat bodoh.
Untuk memahami motivasi untuk berprestasi seseorang, kita harus mengetahui apa yang orang itu inginkan dan mengapa dia menginginkannya. Goal dan keinginan kita untuk mencapai sesuatu pasti memiliki konsekuensinya terhadap kesuksesan kita di masa yang akan datang.
Kita juga harus memperhitungkan fear of success seseorang.Fear of success adalah ketakutan seseorang untuk menjadi sukses dan membuat orang lain iri. Walaupun menjadi yang terbaik diantara orang-orang akan membuat kita menjadi bangga terhadap diri sendiri, hal itu juga akan memunculkan rasa iri hati dari orang lain dan membuat hubungan seseorang menjadi tidak bagus. Walaupun hal ini tidak berlaku untuk beberapa orang, tidak dipungkiri bahwa hal ini bisa memotivasi orang untuk melakukan sesuatu yang berada di bawah target mereka.



"It's always seems impossible until it's done" - Nelson Mandela

No comments:

Post a Comment