Thursday, May 16, 2013

SLBE



            SLBE
SLBE adalah sekolah yang dikhususkan untuk anak-anak yang mengalami gangguan emosi.
a.       Susunan Kelas
Susunan kelas dibuat dengan gaya seminar. Dimana semua anak duduk dan bergabung dalam bentuk lingkaran besar ataupun U.  Sehingga anak dapat bersosialisasi dengan baik antara anak yang satu dengan anak yang lain. Sehingga bisa terbentuk kehidupan sosial yang baik anatar anak yang satu dengan anak yang lain dan dapat beradaptasi dengan semua anak, bukan hanya sebagian.

b.      Guru
Akan sangat diperlukan seorang guru yang sangat sabar dan tekun, yang mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada anak anak tunalaras. Sehingga baik emosi maupun tingkah laku dari anak tersebut dapat sedikit terkontrol.

c.       Kurikulum
Kurikulum yang digunakan merupakan pembelajaran terpatu, sama seperti anak sekolah yang normal lainnya, tetapi disini peran guru yang sabar dan juga memberi rasa nyaman harus dioptimalkan, sehingga anak tuna laras tidak merasa tertekan dengan pembelajaran yang sedang berlangsung. Dan perlu ditambahkan pula kurikulum “moving class” agar anak tuna laras terbiasa dan mulai bersosialisasi dengan dunia luar, dan harus mulai beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

d.      Biaya
400.000/bulan untuk kelas reguler dan biaya tambahan 300.000 untuk anak yang diasramakan. Dan menyediakan beasiswa bagi juara kelas I, II, dan III. Yaitu hanya membayar uang sekolah 10% bagi juara I, 30% bagi juara II, dan 50% bagi juara III.

e.       Fasilitas
Fasilitas yang akan disediakan di sekolah khusus untuk anak tuna laras seperti asrama, ruang bermain, ruang konsultasi, dan juga ruang yang di design seberti rumah sendiri. Sehingga tidak terlalu sulit untuk anak agar dapat beradaptasi. Dan fasilitas ruang olahraga, agar anak tunalarass dapat melampiaskan ataupun mengalihkan emosinya ke arah yang lebih positif.

f.       Orientasi Belajar
Orientasi belajar yang digunakan Teacher Centre Learning. Karena tidak memungkinkan bagi anak tuna laras dengan ketidakstabilan emosi untuk dicanangkan orientassi belajar Student Center Learning.


Sekian sekolah luar biasa yang ciptaan kelompok 6. Diharapkan Sekolah Luar Biasa di Indonesia bertambah banyak sehingga anak-anak yang mempunyai kekurangan bisa mendapat pendidikan layaknya anak-anak normal. Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment