Friday, June 14, 2013

Social Speech

Private Speech adalah proses berbicara yang dilakukan oleh anak berusia 4-5 tahun ditujukan kepada diri sendiri tanpa ada indikasi untuk melakukan kontak langsung dengan lingkungan luar. Anak berumur 4 – 5 tahun menggunakan private speech sebagai salah satu cara untuk mengekspresikan emosi dan imajinasi mereka.
Menurut Vygotsky, private speech ini adalah salah satu bentuk komunikasi yang special, yaitu komunikasi terhadap diri sendiri.Private speech ini memiliki fungsi yang penting dalam proses transisi dari early social speech dan inner speech menuju pengontrolan internal dari perilaku anak itu. Vygotsky tidak menganggap bahwa private speech ini termasuk egosentris.  Vygotsky menyatakan bahwa private speech ini memiliki bentuk bell-shaped curve karena private speech ini meningkat pesat pada tahap preschool (TK) dan mulai hilang pada tahap SD.
Piaget sendiri memiliki pendapat yang berbeda dengan Vygotsky. Piaget berpendapat bahwa private speech ini adalah suatu tanda dari ketidak dewasaan (immaturity) karena anak pada umur ini bersifat egosentris. Mereka tidak bisa memahami sesuatu dari sudut pandang orang lain sehingga mereka langsung mengutarakan apa yang ada di pikiran mereka. Piaget juga berpendapat bahwa anak kecil sering berbicara sendiri pada saat bermain karena mereka masih  belum bisa membedakan antara kata-kata dengan aksi (action) yang kata-kata itu simbolkan. Pada akhir tahap preoperasional, egosentris dari seorang anak akan mulai hilang karena adanya pendewasaan dari kognitif dan pengalaman social yang dialami oleh anak itu.
Para peneliti mendukung pendapat dari Vygotsky ini. Setelah dilakukan penelitian, 86% dari anak-anak tidak egosentris. Anak-anak yang lebih sociable pun malah lebih menggunakan private speech. Ada beberapa bukti bahwa private speech ini sangat berperan penting dalam regulasi diri anak tersebut. Berbicara sendiri tidak berarti bahwa anak tersebut memiliki perilaku yang maladaptive, anak tersebut mungkin saja memiliki masalah dan perlu berbicara lantang (think out loud).


“Life is like riding a bicycle. To keep your balance, you must keep moving.”  ― Albert Einstein

No comments:

Post a Comment