Sunday, June 16, 2013

Baby Blues

Postpartum blues, maternity blues atau baby blues adalah suatu keadaan sementara yang dialami oleh 75-80 % ibu yang baru melahirkan. Keadaan ini memiliki gejala-gejala seperti mood yang tidak stabil, mild anxiety dan depresi. Baby blues hanya bersifat sementara, apabila hal ini berlangsung dalam jangka waktu yang panjang dan abnormal maka hal ini disebut sebagai postpartum depression. Selain baby blues, ada juga yang dinamakan dengan baby pinks dimana seorang wanita yang baru melahirkan bertindak berlebihan dan tidak logis (mirip dengan mania ringan).

Penyebab
Setelah bayi lahir, “hormone factory” dari placenta akan menutup sehingga akan menyebabkan perubahan pada tingkat hormon seorang ibu. Perubahan tingkat hormon estrogen, progesterone dan endorphin dapat menyebabkan wanita mengalami gejala-gejala tertentu. Apabila ditambahkan dengan keletihan fisik, mental dan emosional, maka hal ini dapat menyebabkan terjadinya maternity blues.
Butuh waktu berminggu-minggu untuk menstabilkan hormon-hormon tersebut kembali. Kondisi ini juga berkaitan dengan disfungsi tiroid dan serotonin.

Gejala
·        Sering menangis
·        Mood swings
·        Kecemasan dan sensitive terhadap kritik
·        Tidak bersemangat
·        Tidak bisa berkonsentrasi dan tidak bisa mengambil keputusan
·        Merasa tidak “menyatu” dengan si bayi
·        Insomnia


“Winners never quit and quitters never win”Vince Lombardi

No comments:

Post a Comment