Friday, April 26, 2013

PAUD zaman dulu dan PAUD zaman sekarang

Pendidikan anak prasekolah (PAPS) atau yang disebut juga dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah pendidikan yang diberikan kepada anak balita sebelum mereka memasuki pendidikan TK atau SD. PAUD juga merupakan upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu proses tumbuh kembangnya seorang anak baik secara jasmani atau rohani.

PAUD di Indonesia masih tergolong sebagai pendatang baru. Direktorat PAUD sendiri sudah ada semenjak tahun 2001. PAUD makin dikembangkan karena PAUD ini termasuk hal yang fundamental. Setelah diteliti, anak yang masih kecil mempunyai potensi yang lebih dalam mencerna pengetahuan atau ilmu asalkan diberi stimulus yang tepat. Tujuan PAUD ini sendiri adalah untuk mengembangkan kemampuan fisik, intelektual, emosional, moral dan agama secara optimal dalam lingkungan pendidikan yang kondusif, demokratis dan kompetitif.

Prinsip-prinsip PAUD adalah :
1.Mendasarkan pada tahap tumbuh kembang anak.
2.Memahami karakteristik anak dan mengimplementasikan dalam proses pendidikan.
3.Memahami seluruh aspek kecerdasan anak.
4.Memperhatikan kebutuhan anak secara holistik dan kebutuhan spesifik anak.
5.Memperhatikan budaya dan lingkungan dimana anak hidup dan dibesarkan.
6.Mengupayakan penyelenggaraan PAUD yang mudah, murah tapi bermutu.

PAUD zaman sekarang sudah pasti lebih maju dari zaman dulu. Zaman dulu, apa yang diajarkan pada anak-anak lebih sederhana. Misalnya cuma diajarkan menyanyi, baris berbaris, dsb. Bahasa yang digunakan pun adalah bahasa ibu (dalam hal ini, adalah Bahasa Indonesia) dan PAUD zaman dulu lebih memfokuskan pada belajar sambil bermain.Tidak begitu berat untuk anak-anak. Metode yang digunakan oleh para pengajar pun masih merupakan metode yang simple, tidak begitu rumit.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat juga, PAUD zaman sekarang lebih "modern" dari zaman dulu. Hal ini bisa dilihat misalnya dari bahasa yang digunakan. Zaman sekarang lebih banyak PAUD yang lebih menekankan anak-anak untuk menggunakan bahasa Inggris. Metode pengajaran yang digunakan pun semakin kreatif.

Ada hal positif dan negatif dari PAUD zaman sekarang ini. Salah satu hal positifnya adalah anak-anak semakin kreatif dan cerdas karena stimuli yang diberikan kepada anak juga semakin bervariasi. Tapi hal negatifnya adalah, ada anak-anak yang akan mengalami kebingungan dalam masalah bahasa. Misalnya si anak diajarkan untuk berbahasa inggris di sekolah, berbahasa indonesia dirumah. Anak-anak akan merasa bingung dan akhirnya lebih memilih untuk tidak berbicara sama sekali.

Tapi tidak dapat dipungkiri bahwa PAUD zaman sekarang lebih efektif daripada zaman dulu. Mungkin karena stimuli yang diberikan lebih bervariasi sehingga anak-anak zaman sekarang lebih cerdas dan cermat terhadap sesuatu.

Sekian dan terima kasih ~

No comments:

Post a Comment